Buku ini membimbing pembaca dalam membentuk karakter unggul pada anak, siswa, dan karyawan melalui pendekatan psikologi, pendidikan, dan pembinaan nilai-nilai positif.
Buku ini memaparkan strategi dan praktik terbaik dalam mencerdaskan bangsa melalui inovasi pendidikan, kepemimpinan sekolah, dan reformasi sistem belajar di Indonesia.
Buku ini menggambarkan gagasan Y.B. Mangunwijaya tentang pendidikan yang membebaskan, memanusiakan, dan membentuk karakter anak melalui sekolah berbasis nilai kemerdekaan sejati.
Kumpulan esai ini membahas hubungan bahasa, pendidikan, dan demokrasi dalam era digital, menyoroti tantangan komunikasi di media sosial dan pentingnya literasi publik berbahasa.
Buku ini menyajikan gagasan dan praktik pendidikan masa kini yang inspiratif, menyoroti peran guru, kebijakan, dan transformasi pendidikan dalam menghadapi tantangan zaman.
Buku ini mengeksplorasi pendidikan sebagai proses pembentukan jiwa manusia dan sebagai lembaga sosial yang mentransformasikan nilai, karakter, serta struktur kehidupan masyarakat.
Buku ini mengupas permasalahan tata kelola pendidikan di Indonesia, menyoroti krisis manajerial, kebijakan yang tumpang tindih, dan tantangan reformasi sistem pendidikan nasional.
Buku ini membahas cara menanamkan nilai religius kepada anak-anak melalui pendidikan, keteladanan, dan pendekatan emosional dalam konteks keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Buku ini membahas dua jenis mindset—tetap dan berkembang—serta bagaimana mengubah pola pikir dapat meningkatkan prestasi, hubungan, dan kebahagiaan dalam hidup.
Buku ini menyoroti pentingnya perpustakaan, membaca, dan melamun sebagai fondasi kreativitas, literasi, serta masa depan manusia dalam membangun peradaban yang lebih maju.
Buku ini menyajikan sejarah Islam secara visual dengan peta dan ilustrasi menarik, membantu anak memahami perkembangan peradaban Islam dari masa Rasulullah hingga era modern.
Mengupas konsep pendidikan sebagai alat pembebasan bagi kaum tertindas, menjunjung partisipasi aktif.
Buku ini mengisahkan pengalaman masa kecil penulis saat belajar di pesantren, menggambarkan tradisi pendidikan Islam, kehidupan santri, dan nilai-nilai budaya Minangkabau.
Buku ini membahas strategi optimalisasi server sekolah pasca Asesmen Nasional, termasuk pengelolaan data, peningkatan infrastruktur digital, dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung administrasi pendidikan.
Buku anak-anak ini mengisahkan tentang kaum durhaka yang mendapat hukuman dari Allah, mengajarkan pentingnya ketaatan dan menghormati perintah-Nya dengan penuh kesadaran.
Buku anak-anak ini mengajarkan cara mengelola amarah dengan bijak, memberikan contoh sederhana tentang pentingnya kesabaran, pengendalian diri, serta dampak dari emosi negatif.
Buku ini mengulas sejarah, peran, dan perjuangan Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Islam dalam pendidikan, sosial, dan budaya, serta kontribusinya bagi masyarakat Indonesia.
Buku ini membahas berbagai isu Islam kontemporer, mencakup pemikiran, budaya, politik, dan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan zaman modern secara komprehensif.
Buku ini membahas pendidikan Islam humanis dengan pendekatan nondikotomik, mengintegrasikan nilai agama dan ilmu pengetahuan dalam sistem pendidikan yang lebih inklusif dan holistik.